Keanekaragaman Hayati Kupu-kupu di Unila

Catatan ini saya posting juga di blog saya yang lain, Myblogbook. Saya perlu posting di sini karena terkait dengan perjalanan saya ke Lampung beberapa waktu yang lalu.

Buku ini adalah kiriman dari seorang kawan yang saya temui ketika saya berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada Bandar Lampung beberapa waktu yang lalu. Namanya adalah Martin, belakangan diketahui bahwa dia adalah anak dari salah satu pakar Kupu-Kupu di Indonesia, Dr. Herawati Soekardi. Saya sendiri adalah penggemar makhluk kecil yang lucu dan bersayap warna-warni ini. Sebetulnya ada 2 buah buku yang dikirim, lainnya adalah : Kehidupan Burung di Kampus Unila.Rupanya kampus Unila saat ini sedang giat mewujudkan sebuah Green Campus, dengan menyelaraskan flora, fauna, warga dengan civitas akademika. Sebuah upaya kecil yang nampaknya membawa pengaruh besar pada kondisi Lampung secara keseluruhan. Sehingga saat ini Lampung tidak hanya dikenal dengan gajahnya saja, tetapi juga kini dikenal dengan keberhasilan upaya menangkarkan kupu-kupu-nya yang dimotori oleh seorang Dr. Herawati Soekardi.Sebuah buku yang sangat bermanfaat, karena jarang ada buku sejenis berbahasa Indonesia dan ditulis oleh pakar lokal yang dapat menjelaskan detail kehidupan kupu-kupu di habitat alaminya. Kehadiran buku tersebut, paling tidak merepresentasikan keanekaramanan kupu-kupu di suatu kawasan tertentu, yang syarat mengandung informasi penting bagi kelangsungan hidup serangga terbang tersebut.
Beliau berhasil merekayasa habitat, menjadikannya sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh kehidupan kupu-kupu. Beberapa hal yang dibahas dalam buku tersebut di antaranya adalah : Mengenal kupu-kupu, morfologi, klasifikasi, keanekaragaman, perilaku dan peranannya di alam. Dari hasil pengamatan yang dilakukan di Unila sejak April - Juni 2007 tercatat bahwa ada 37 jenis kupu-kupu yang mendiami daerah tersebut, yang terdiri dari 5 famili. Papilionidae ada 6 spesies, Pieridae ada 9 spesies, Nymphalidae ada 14 spesies, Lycaenidae ada 2 spesies, dan Hesperiidae 4 spesies. Sebuah jumlah yang cukup banyak untuk ukuran kawasan sebuah kampus. Selengkapnya adalah :

  • Famili Papillionidae : Graphium agamemnon agamemnon, G. doson, G. sarpedon luctatius, Papilio demoleus malayanus, P. polytes cyrus, P. memnon.Famili Pieridae : Appias libythea olfrena, Catopsilia pomona pomona, Eurema brigitta senna, E. hecabe contubernalis, E. sari sodalis, Delias hyparere metarete, Leptosia nina malayana, Pareronia valeria lutuscens.
  • Famili Lycaenidae : Arthopala allata pandora, Jamides alecto ageladas, Nacaduba beroe neon.
  • Famili Nymphalidae : Euploea mulciber mulciber, Doleschallia bisaltide pratipa, Hypolimnas bolina bolina, H. missipus, Junonia hedonia ida, J.orithya wallacei, Moduza prociis milonia, Moduza sp, Neptis clinioides gunongensis, Phalantha phalantha, Elymnias hypermnestra discrepans, Melanitis leda leda, Mycalesis visala phamis, Ypthima baldus newboldi, Amathusia phidippus phidippus.
  • Famili Hesperiidae : Borbo cinnara, Cupitha purreea, Isma umbrosa, Udaspes folus.

Pada buku tersebut, dijelaskan juga cara-cara mengambil photo menggunakan camera. Sebagian besar gambar kupu-kupu yang ada pada buku tersebut, adalah hasil jepretan suamimya Anshori Djausal, yaitu pada kondisi habitat alaminya yang juga penghobi kupu-kupu.
Buku yang diakhiri sebuah pesan "Berikan ruang bagi kupu-kupu untuk terbang bebas dan bermetamorfosis melanjutkan generasinya. Kenali kehidupannya, lindungi habitatnya, di Kampus Hijau Universitas Lampung".Setuju !!! Tks Martin atas kirimannya.

Data Buku : Judul Kupu-Kupu di Kampus Unila, Penulis : Dr. Herawati Soekardi, Penerbit : Universitas Lampung, Agustus 2007, Tebal : 52 halaman

1 komentar:

    On 9:36 PM Anonymous said...

    An outstanding share! I have just forwarded this onto a colleague
    who has been doing a little homework on this. And he actually bought me breakfast due to the fact that I found it for him.
    .. lol. So let me reword this.... Thank YOU for the meal!
    ! But yeah, thanx for spending the time to talk about this subject here on
    your web page.
    Take a look at my web page online casino reports