Trik Foto (1)

Hasil foto yang selama ini saya peroleh, hasilnya kurang memuaskan. Masalahnya, saya cuma hobby memotret, asal ngejepret. Tidak didukung oleh teknik-teknik yang memadai agar hasilnya bagus. Sepertinya memang harus banyak belajar lagi.

Pada majalah InfoKomputer edisi Nopember 2007 yang lalu, kebetulan ada suplemen, Liburan bersama Canon. Untuk memahaminya, saya perlu mempostingkannya, agar mudah untuk mengingat.
Menurut tulisan tersebut, ada beberapa trik agar foto lebih menawan adalah sebagai berikut :
  1. Memperhatikan latar belakang. Latar belakang adalah elemen foto yang pengaruhnya sangat besar. Jangan sampai latar belakang ini mengganggu penampilan keseluruhan. Secara umum latar belakang hendaknya sederhana, sehingga subyek bisa terlihat lebih menonjol, dan lebih menarik.
  2. Close Up. Ukuran subyek di dalam foto yang terlalu kecil. Ini terjadi karena pengambilan gambar yang terlalu jauh terhadap subyek. Penuhi frame foto dengan subyek, dengan cara mendekat ke mereka atau melalui zoom.
  3. Cari keunikannya. Carilahkeunikan dari tempat liburan tersebut yang tidak ada di tempat lain. Lalu berfotolah dengannya.
  4. Arahkan gaya. Agar foto terlihat lebih dinamis, kadang diperlukan usaha yang lebih. Di antaranya mengarahkan gaya subyek.
  5. Cobalah komposisi berbeda. Cobalah memfoto dengan posisi camera ang berbeda-beda.
  6. Memotret di Golden Light. Saat matahari di posisi rendah, pada saat terbit dan akan tenggelam, cahaya matahari menimbulkan efek warna kekuning-kuningan pada foto, foto memiliki kesan hangat. Dalam fotografi, wakti ini dikenal dengan masa golden light. Manfaatkanlah waktu-waktu ini.

Sepertinya, terlalu singkat!

4 komentar:

    On 1:05 AM BumiTotabuan said...

    Tips yang bermanfaat. Terima kasih udah mau share. Salam kenal.

    Cobalah menikmati keindahan alan di www.alamsulawesi.wordpress.com atau jika tertarik dengan burung mampirlah ke www.burungsulawesi.web.id

     
    On 9:21 PM harjo said...

    Wah, oke banget tuh. Kapan-kapan saya akan ke sana ...
    Salam kenal juga

     
    On 2:14 AM Unknown said...

    trik yg bagus utk foto, jadi menambah ilmu utk foto soalnya lg pgn belajar gimana foto yang bagus.

    salam,
    Robby
    http://robbynovricanus.wordpress.com

     
    On 9:10 PM pratama said...

    bagus mas infonya,,skrg lo foto jd ga asl jepret aja hehehe...Makasih mas...