Mulih K'Desa, Tempat Makan dan Tidur di Sawah

Mulih K'Desa, jika diterjemahkan, artinya adalah kembali ke Desa. Sebuah nama tempat wisata kuliner dan juga penginapan di daerah Garut. Lokasinya sekitar 1 km sebelum Kampung Sampireun ke arah Taman Wisata Alam, Kawah Kamojang.

Sebuah konsep penginapan dan rumah makan dengan setting sawah. Semua makanan yang disajikan di masak dengan cara-cara yang sangat tradisional, gaya kampung, menggunakan tungku dan kayu bakar. Tempat makan pun kita bisa memilih, apakah mau di dapur, di tengah sawah, di atas kolam atau di saung yang di bawahnya ada beberapa ekor kerbau. Disediakan juga beberapa permainan anak-anak ala kampung, dan perangkat keperluan outbound, cukup lengkap.

Ketika ke sini, minggu kemarin bersama keluarga saya memilih makan di atas sawah, di mana padi-padi di bawahnya sudah mulai menguning, siap untuk di panen. Beberapa jenis makanan saya pesan kepada waitress yang ramah dengan pakaian kebaya khas kampung, seperti bajigur, nasi timbel merah, ayam bakar, nasi pencok. Harga nya tidak terlalu mahal, namanya juga di kampung, seharusnya memang tidak boleh mahal. Sambil menunggu makanan, terdengar alunan musik traditional khas Sunda ... wah enak banget.

Tidak lama kemudian, seorang waitress mengantar sebuah ceret berisi air teh, piring kaleng (ompreng) dan mug yang juga terbuat dari kaleng lengkap dengan tambalan-tambalan di bawahnya. Wah … benar-benar di kampung banget! Pengalaman unik. Jadi terkenang saat masih kecil dulu, setiap hari mengantarkan makanan bersama nenek untuk seorang kakek yang sedang bekerja di sawah. Sambil makan di sawah dengan membawa ceret dan mug kaleng yang sudah pada bolong dengan tambalannya. Menyenangkan! Di tempat tinggal saya dulu, daerah Depok masih banyak areal persawahan yang sangat luas, tetapi sekarang sudah penuh sesak dengan pemukiman dan pabrik-pabrik sehingga sudah tidak ada lagi.

Pemilik tempat ini, rupanya menyadari benar, kebutuhan orang-orang yang hidup di saat ini, sudah kehilangan tempat-tempat dan suasana di masa kecil. Kloplah, jika kita kembali ke kampung, makan dan tidur di sawah, Mulih K’Kampung.
Loh koq kaya iklan ya? Selesai dari tempat ini saya ke Kompleks pemandian air panas di Cipanas, berenang dari dari sore sampai malam. Ceritanya? nantikan pada postingan selanjutnya.

2 komentar:

    On 10:18 PM Hakimtea said...

    Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

     

    Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
    jabat tangan erat salam penuh damai!

    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang