Cibodas dibuka lagi


Sejak kemarin (1/12) Kebon Raya Cibodas dibuka lagi. Konon katanya ada konflik antara Pemda Cianjur dengan pengelola Kebon Raya, yaitu mengenai perpakiran. Menurut saya banyak hal yang perlu dibenahi kembali, termasuk dalam hal karcis masuk. Untuk berwisata ke daerah ini, bagi yang baru pertama kali ke obyek wisata Cibodas akan membingungkan. Masalahnya di pintu gerbang yang bertuliskan "Obyek Wisata Cibodas" sudah diminta tiket masuk sebesar Rp 2.000,- per orang dan Rp 5.000,- per kendaraan. Tetapi pas masuk ke Kebon Raya-nya kita akan ditagih lagi, sebesar Rp 4.000,- per orang dan Rp 10.000,- per kendaraan. Bingungkan???
Setelah dicek kembali rupanya di pintu gerbang pertama adalah pembayaran retribusi untuk Pemerintah Daerah Cianjur. Sedangkan di pintu gerbang berikutnya adalah untuk tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas. Pertanyaannya, kalau memang ada retribusi, kenapa sih enggak dijadikan satu saja? Selanjutnya Kebun Raya Cibodas tinggal setor ke Pemda, bukankah lebih praktis?. Dan aneh juga, jika harga retribusi separuh dari tiket masuk ke obyek wisata yang kita tuju.

Hari kedua pembukaan Kebun Raya Cibodas tersebut, terlihat masih sepi pengunjung. Mungkin banyak yang belum tahu. Informasi hanya terlihat di beberapa spanduk di sepanjang jalur Ciawi - Puncak - Cianjur saja. Dikejauhan di langit yang sudah menjelang sore, nampak 2 ekor burung Elang Jawa berputar-putar di atas pebukitan Gunung Gede Pangrango. Tidak biasanya Cibodas di sore hari masih nampak terang, biasanya sudah hujan dan berkabut.

0 komentar: