Perjalanan ke Lampung : Naik Damri (1)

Kebetulan saat ini sedang ada tugas di kantor cabang Panjang, Lampung. Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan untuk sambil ber-backpackeria ke daerah Lampung dan sekitarnya he ... he... asyik. Kebetulan juga sudah lama saya tidak menggunakan kendaraan umum. Jadi kali ini saya mencoba menggunakan Bis Damri dari Jakarta ke Bandar Lampung. Semula agak bingung juga, di terminal mana saya harus naik bis tersebut.

Akhirnya diperoleh informasi yaitu di stasion kereta api, Gambir. Ternyata tidak sulit menemukannya, pukul 09.00 saya sudah berhasil menemukannya, yaitu dekat pangkalan Taxi Blue Bird. Sekedar informasi bahwa harga tiket untuk kelas Super Eksekutive adalah Rp 135.000,- sedangkan kelas Bisnis Rp 110.00,-. Saya memilih kelas Super Eksekutif dengan nomor Bis 3645. Bis yang jadwalnya pukul 10.00 wib, baru berangkat pukul 10.21 wib, keterlambatan tersebut menurut kondektur karena ada penumpang yang belum naik.

Tiba di dermaga Merak pkl 12.01 wib, tepat pkl 12.50 bis baru bisa naik kapal penyeberangan. Beruntung kapal yang dinaiki baru saja diresmikan penggunaannya di Dermaga 3 Merak, sebelumnya kapal KM Mentari Nusantara tersebut adalah dari Subaya untuk rute jarak jauh. Baru kali ini kapal nya agak keren, dan yang penting, bersih. Sebelumnya, wah ... jorok banget.

Tiba di dermaga Bakauheni pkl 15.25 dan sampai di Panjang pkl 17.20 wib. Hari ini tidak ada kegiatan backpaker, karena sepenuhnya menyelesaikan pekerjaan kantor, yaitu memperbaiki Server Novell. Malamnya sekitar pkl 02.00 pagi, baru saya bisa istirahat dan menginap di Hotel Pacific di Jl. Yos Sudarso No.3.

Sekedar informasi tarif kamar, Family Deluxe / New Deluxe Rp 194.000,- Single Standar Rp 92.000,-. Saya memilih New Deluxe. Fasilitas : TV, air panas, AC. Bersih, pelayanan lumayan, juga ada sarapan pagi. Sarapannya lumayan enak, ada 3 macam : bubur, roti bakar, dan ketupat sayur, tinggal pilih.

0 komentar: