Ada Kalong di Alas Kedaton

Alas Kedaton berlokasi di Desa Kukuh Kecamatan Marga, kota Tabanan. Ada dua hal yang menarik di tempat ini, yaitu : Monyet-monyetnya, yang berjumlah sekitar 300-an yang terbagi dalam 3 kelompok. Di mana setiap kelompok dipimpin satu raja dengan postur tubuh yang berukuran cukup besar. Berbeda dengan monyet di Uluwatu yang agak sedikit sangar, monyet di sini cenderung jinak. Kedua adanya kalong (kelelawar) yang berterbangan di atas pohon besar belakang pura.

Letak pura ini sendiri ada di dalam hutan Alas Kedaton. Memasuki areal pura, pengunjung akan diantar oleh perempuan-perempuan penjaja dagangan souvenir yang sekaligus sebagai guide-nya. Menarik, karena hanya di tempat ini para pedagang sangat tertib. Mereka memiliki nomor antri untuk bisa mengantar pengunjung berkeliling Alas Kedaton. Selesai berkeliling mereka akan mengajak tamunya mampir di toko mereka dan mencoba menawarkan dagangannya.
Semula, kami hanya akan memberi tips saja. Tetapi karena perempuan tersebut menolak, dan rupanya mereka lebih senang agar kita membeli dagangannya saja.
Dan akhirnya saya beli kaos, gantungan kunci, dan alat musik. Ternyata tidak terlalu mahal.

0 komentar: