Warna-warni Kupu-kupu di Butterfly Park

Selain kupu-kupu, di sini juga ada beberapa jenis serangga lainnya seperti : Haplopelma robustum (laba-laba biru), Eurycnema versirubra (belalang kayu), Scorpion sp, Chalcosoma caucasus (tanduk tiga), dan beberapa jenis kupu-kupu seperti : Papilio demolion, Idea blanchardi (Danaidae), Ornithoptera priamus (Papilionidae), Papilio memnon, Chetosia hypsea (Nympalidae), Troides helena (Papilionidae), Papilio peranthus (Papilionidae),

Dari brosur yang kami peroleh, Bali Butterfly Park ini dikelola oleh PT. Kupu Kupu Taman Lestari yang berlokasi di Jl. Batukaru, Sandan Lebah Wanasari – Tabanan. Buka mulai pukul 08.00 – 16.00.

Harga tiket masuk US$ 2,- Loh … koq pakai US $? Maklum, sebab kebanyakan yang mengunjungi taman kupu-kupu ini adalah turis manca negara, sedangkan turis lokal sangat jarang. Saya sendiri ketika masuk, hanya membayar Rp 15.000,- untuk ber-empat he he he… mungkin karena sudah sore dan mau tutup kali …

Sebagai catatan, bahwa ini adalah Taman Kupu-kupu ke empat yang saya kunjungi, setelah sebelumnya : Taman Nasional Bantimurung, Taman Kupu-Kupu Cilember, dan Taman Kupu-kupu Gita Persada. Saya memang menaruh perhatian besar terhadap jenis serangga ini. Sebab menurut saya selain indah, kupu-kupu adalah bioindikator kualitas lingkungan. Ketika kupu-kupu sudah jarang ditemui, berhati-hatilah! Berarti ada ketidakseimbangan ekosistem di suatu wilayah tersebut, yang bisa menimbulkan bencana ekologi.

4 komentar:

    On 8:36 PM Unknown said...

    Setuju pak! Btw, menikmati kupu-kupu juga gak harus susah2 datang ke taman kupu2. Tanam aja tumbuhan yang disukai kupu2. Saya ada beberapa postingan tentang kupu2 juga http://noonathome.wordpress.com
    Salam kenal!

     
    On 11:20 PM harjo said...

    Hallo Mbak Nurul, tks atas informasinya. Saya sudah baca postingannya, keren. Rupanya sedang kuliah S3 ya? Hebat euy! Jadi kepengen lanjutkan kuliah nih ...
    Salam kenal juga, saya link ya ...

     
    On 3:16 AM cie said...

    hello..jakarta juga ada loh taman kupu. mungil sih. di sebelah museum serangga, tmii

     
    On 7:39 PM Anonymous said...

    hallo.. apakah anda memiliki sejarah atau gambaran umum secara lengkap mengenai taman kupu-kupu di wanasari ,tabanan,bali? saya membutuhkan nya ut tgs akhir sy..mohon bantuannya.. thx..